Selasa, 17 Oktober 2017

38 atlet mahasiswa Unja berlaga di Pomnas

id pomnas, unja
Jambi, Antarajambi.com - Sebanyak 38 atlet mahasiswa Universitas Jambi (Unja) memperkuat kontingen Pekan Olaharaga Mahasiswa Nasional (Pomnas) Provinsi Jambi yang akan berlangsung  di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 13-21 Oktober 2017.

Atlit, pelatih, official Kontingen Pomnas Provinsi Jambi dilepas oleh Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan di Aula Rektorat Unja Mendalo Jambi, Kamis.

"Atlet mahasiswa yang dikirim ke Pomnas merupakan atlet mahasiswa terbaik hasil seleksi, diharapkan bisa meningkatkan prestasi kontingen Pomnas Jambi yang diraih pada Pomnas sebelumnya," kata H Johni Najwan.

Ia menyebutkan, dari persiapan  latihan, kerja keras dan doa maka optimistis para atlet akan bisa menuai hasil perjuangannya. Pada kesempatan itu, rektor berharap tim Pomnas Jambi bisa menunjukkan prestasi terbaiknya dan menjadi teladan bagi atlet mahasiswa lainnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unja, Dr Sukendro menyebutkan jumlah Kontingen Pomnas 2017 Jambi sebanyak 46 orang. Dari jumlah itu sebanyak 38 atlet dari mahasiswa Universitas Jambi.

"Jumlah Kontingen Jambi sebanyak 46 orang, dan 38 diantaranya dari Unja. Mereka akan bahu membahu dengan anggota kontingen lainnya yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Jambi," kata Sukendro.

Atlet lainnya disumbangkan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Jambi, STIE Muhammadiyah, Universitas Batanghari dan lainnya.

Lebih lanjut Sukendro menjelaskan, dari 15 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada ajang Pomnas 2017, kontingen mahasiswa Jambi akan turun pada delapan cabang olahraga.

"Kita akan turun di delapan cabang olahraga, dengan target meningkatkan perolehan medali dari Pomnas 2015 di Aceh. Bila dua tahun lalu memperoleh dua medali emas, maka target kali ini minimal empat emas," kata Sukendro.

Ia menyebutkan, peluang emas tim Pomnas Jambi ditargetkan dari cabang pentaque dan tarung derajat. Khusus untuk cabang pentaque, menurut Sukendro tim Pomnas Jambi akan diperkuat oleh peraih medali emas pada ajang kejurnas pentaque yang digelar akhir September 2017 di Bali.

"Ya target kita di pentaque dan tarung derajat, namun kita masih bisa menembus emas pada atletik dan catur. Beberapa atlet cabang itu juga turun di PON XIX/2016 di Jabar," katanya.

Terkait pesaing berat pada ajang Pomnas 2017, kata Sukendro masih didominasi dari Jawa yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan tentunya juara umum bertahan DKI Jakarta.

"Peta kekuatan masih sama, namun diharapkan kami bisa menembus peluang di beberapa nomor dan cabang olahraga," katanya menambahkan.

Rencananya Kontingen Pomnas 2017 Jambi akan bertolak menuju Makasar pada Jumat (13/10) besok dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju Makassar.

"Kami berangkat Jumat besok, dari Bandara Jambi menuju Makassar, transit di Jakarta," kata Sukendro menambahkan.
     


Editor: Syarif

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga