Selasa, 17 Oktober 2017

Batanghari gratiskan 2.300 sambungan air bersih baru

id berita jambi terkiini, Batanghari, sambungan air bersih gratis,
Batanghari gratiskan 2.300 sambungan air bersih baru
Pemerintah Kabupaten Batanghari mendapatkan bantuan pembangunan instalasi pengolahan air baku atau IPA dari pemerintah pusat. (Antarajambi.com/Hanapi)
Jambi, Antarajambi.com – Pemerintah Kabupaten  Batanghari mendapatkan bantuan pembangunan instalasi pengolahan air baku atau IPA dari pemerintah pusat.

Dengan dibangunnya IPA baru ini, Pemkab Batanghari berikan bantuan sambungan air bersih baru sebanyak  2.300 sambungan untuk masyarakat di Batanghari.

"Selain dapat bantuan pembangaunan IPA, tahun ini kita juga mendapatkan bantuan sambungan air bersih baru sebanyak 2.300 sambungan,” kata  Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar di Muara Bulian, Selasa.

Pemerintah pusat menguucurkan dana sebesar Rp5 miliar  untuk bantuan sambungan baru terhadap calon pelanggan PDAM Tirta Muara Bulian. Bantuan tersebut diperuntukan bagi masyarakat golongan menengah ke bawah. Bantuan tersebut hanya digratiskan sebatas penyambungan awal, namun untuk tagihan perbulannya masyarakat yang menerima bantuan tetap harus membayar ke PDAM Tirta Muara Bulian.

“Untuk sementara dana sebesar Rp5 milyar tersebut menggunakan dana APBD, dan bila telah terealisasi maka dana tersebut akan di grant oleh pemerintah pusat. Dan untuk penyambung baru sebanyak 2.300 sambungan tersebut telah terealisasi,” katanya menjelaskan.

Selain memberikan bantuan sambungan air bersih baru melalui dana APBN, Pemkab Batanghari juga memberikan bantuan sambungan air bersih murah melalaui dana APBD. Sambungan air bersih murah tersebut diberikan kepada warga yang tidak mendapatkan bantuan sambungan air bersih baru secara gratis seperti yang dijelaskan sebelumnya.

“Untuk sambungan air bersih murah, kita anggarkan sebanyak 1.000 sambungan. Saat ini realisasinya sudah mencapai 700 sambungan air bersih baru. Untuk bantuan ini masyarakat hanya dikenakan biaya penyambungan sebesar 200 ribu rupiah dari tarif normal sebesar 800 ribu rupiah,” katanya

Bangunan instalasi pengolahan air (IPA) baru tersebut mampu menampung air bersih sebanyak dua ribu meter kubik air. Dengan di bangunnya IPA baru tersebut, Pemkab Batanghari yakin akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan PDAM Tirta sebanyak 14 ribu pelanggan. Tidak hanya pelanggan yang ada, PDAM juga yakin akan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan-pelanggan baru.

Editor: Ariyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga