Sabtu, 19 Agustus 2017

Gubernur: bantuan ternak upaya peningkatan ekonomi kerakyatan

id berita jambi terkini, bantuan ternak pemprov jambi, Gubernur: bantuan ternak upaya peningkatan ekonomi kerakyatan
Gubernur: bantuan ternak upaya peningkatan ekonomi kerakyatan
Jambi - Gubernur Jambi Zumi Zola menyerahkan bantuan kambing dan indukan ikan lele kepada kelompok tani di Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8). (Foto Antarajambi.com/ist)
Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan bantuan ternak dan indukan ikan lele yang disalurkan Pemerintah Provinsi Jambi kepada kelompok tani di wilayahnya merupakan upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Selain upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, pengembangan peternakan dan budidaya ikan juga ditujukan untuk memperkuat swadaya pangan," katanya di Merangin, Sabtu.

Saat memberikan bantuan 50 ekor kambing dan 52 ribu ekor indukan ikan lele kepada Kelompok Tani Seger Waras Jaya dan Kelompok Tani Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin itu, Zola mengatakan Pemprov Jambi terus berusaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Gubernur menyebutkan, sesuai dengan yang disampaikan Bupati Merangin, Desa Bungo Antoi tersebut akan dijadikan sebagai desa sentra peternakan kambing.

"Bantuan yang diberikan akan kami monitoring perkembangannya, jika bantuan yang diberikan bisa sukses dan kelompok tani bisa mengelola dengan baik, maka bisa saya tambah lagi," kata Zola.

Sebab itu dirinya berharap agar kelompok tani yang sudah diberikan bantuan bisa meningkatkan produktivitas panennya melalui bimbingan para penyuluh desa masing-masing.

Selain bantuan ternak dan ikan, Pemerintah Provinsi Jambi kata Zola juga memiliki program cetak sawah yang ada di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan.

"Saya imbau kepala desa jika di desanya terdapat lahan yang bisa digunakan untuk sawah, silahkan memberitahu ke Pemprov melalui kabupaten supaya kami bisa melakukan cetak sawah," ujarnya.

Zola menegaskan jika masyarakat komitmen dengan lahan pertanian, Pemprov juga akan membantu alat pertanian seperti bibit, pupuk dan mengirim penyuluh pertanian untuk membimbing masyarakat melaksanakan pertanian.

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris mengatakan Desa Bungo Antoi akan dijadikan sebagai desa sentra kambing di Kabupaten Merangin, karena populasi kambing di desa saat ini mencapai 1.500 ekor.

"Jika masyarakat desa ini komitmen dalam memgelola peternakan kambing, maka Pemprov dan Pemkab akan membimbing dan terus membantu desa ini untuk mengembangkan usaha ternak mereka," kata Haris.

Haris menambahkan, selain kambing, Pemkab Merangin juga mulai mengembangkan sentra sapi di Kecamatan Pamenang untuk mengatasi kekurangan daging sapi karena permintaan tinggi terutama saat perayaaan hari besar islam.(Ant)

Editor: Dodi Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga