Sabtu, 19 Agustus 2017

BMKG Jambi: 12 hot spot terdeteksi satelit

id berita jambi terkini, bmkg, 12 hot spot,
BMKG Jambi: 12 hot spot terdeteksi satelit
ilustrasi - BMKG (ANTARA FOTO)
Jambi, Antarajambi.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi mendeteksi 12 titik panas (hot spot) di wilayah provinsi itu, Jumat.

Kepala BMKG Stasiun Jambi Nurangesti di Jambi, mengatakan 12 hot spot itu terdeteksi di empat kabupaten melalui pantauan sensor modis satelit Terra dan Aqua dengan tingkat kepercayaan (confident) terjadinya kebakaran 54-97 persen.

"Sebanyak 12 titik hot spot itu tersebar di sejumlah wilayah Jambi dengan tingkat kepercayaan ada yang berada di angka 97 persen," katanya.

Belasan hot spot tersebut masing-masing berada di Kabupaten Bungo sebanyak tiga titik yakni di Kecamatan Bathin Babeko dengan tingkat kepercayaan 85 persen, dan dua titik di Kecamatan Jujuhan Ilir dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 65-80 persen.

Kemudian di Kabupaten Sarolangun terdeteksi dua titik di Kecamatan Cermin Nan Gedang dengan tingkat kepercayaan 67 persen dan di Kecamatan Batangasai dengan tingkat kepercayaan 97 persen.

Selanjutnya di Kabupaten Tanjungjabung Barat terdeteksi dua titik di Kecamatan Batangasam dengan tingkat kepercayaan 80 dan 54 persen .

Sedangkan di Kabupaten Tanjungjabung Timur terdeteksi dua titik yakni di Kecamatan Sadu dengan tingkat kepercayaan 57 persen dan di Kecamatan Geragai 59 persen. Sementara di Kabupaten Tebo terdeteksi tiga titik di Kecamatan Sumay dengan tingkat kepercayaan 58, 74 dan 76 persen.

"Tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran tertinggi berada di Kecamatan Batangasai Kabupaten Sarolangun 97 persen. Sedangkan terendah di Kecamatan Batangasam Kabupaten Tanjungjabung Barat 54 persen," kata Nurangesti menjelaskan.

Berdasarkan pantauan di group WhatsApp resmi penanganan Karhutla Jambi, kebakaran lahan memang terjadi di empat kabupaten dan sudah dipadamkan Tim Satgas Karhutla Jambi, yakni di Tebo, Bungo, Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur.

Sementara untuk penanganan karhutla di Jambi, BNPB memberikan bantuan tiga unit helikopter. Satu unit untuk patroli dan dua unit helikopter pemadam kebakaran.

Setelah dinyatakan siaga darurat Karhutla, dua helikopter pemadam kebakaran itu terus terbang melepaskan bom air untuk memadamkan titik-titik api.


Editor: Ariyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga