Minggu, 24 September 2017

Lembaga Adat Jambi: Harkitnas momentum perkuat keberagaman

id berita jambi terkini, lam, adat melayu jambi,
......Jadi keberagaman itu adalah keindahan. Bagi orang Jambi itu seperti itu, kebersamaan dalam keberagaman sangat dibutuhkan dalam kehidupan......
Jambi, Antarajambi.com - Wakil Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Drs H Azra`i Al-Basyari mengatakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap 20 Mei untuk Provinsi Jambi merupakan momentum memperkuat keberagamaan agama, adat dan budaya.

Dikonfirmasi Antara di Jambi, Jumat, tokoh masyarakat ini mengatakan bahwa kebersamaan dalam keberagaman merupakan salah satu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Menurutnya, khusus masyarakat Jambi, keberagaman itu sudah diakui di dalam adat, sesuai dengan seloko (ungkapan mengandung pesan) adat Jambi.

"Jadi keberagaman itu adalah keindahan. Bagi orang Jambi itu seperti itu, kebersamaan dalam keberagaman sangat dibutuhkan dalam kehidupan," kata Azra`i.

Dia mengatakan, menerima perbedaan itu memang sangat sulit bagi orang yang tidak mengerti, tapi kalau orang tau adat jambi dan mengerti NKRI, maka keberagaman ini menunjukkan Indonesia itu kaya.

"Indonesia ciri khasnya kaya dengan keberagaman. Warga Indonesia harus bangga dengan kebergaman itu," ujarnya.

Azra`i juga mengatakan bahwa pihaknya bersama pemerintah terus memperkuat dan mengembangkan adat dan budaya di wilayah Jambi sebagai upaya perekat keberagaman.

"Karena adat dan budaya merupakan perekat anak negeri, perekat untuk keberagaman. Untuk menjadi benteng dari keberagaman itu, maka adat dan budaya Jambi harus diperkuat," katanya menambahkan.


Editor: Ariyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga